Pengertian Marketing : Konsep dan Fungsinya

Marketing – Apa Itu marketing ? Kenapa perusahaan dan seller butuh yang namanya marketing ? – Pengertian Marketing : Konsep dan Fungsinya –

Marketing atau dalam kamus besar bahasa indonesia nya “pemasaran” merupakan serangkain aktivitas dan proses menciptakan, mengkomunikasikan dan menyampaikan serta mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi seorang pelanggan, klien dan masyarakat pada umumnya.

Marketing pada awal mulanya berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia. semisal manusia butuh pakaian baru untuk memenuhi kebutuhan sekunder mereka, pakaian tersebut tentunya juga memiliki brand (merk). Nah disinilah peran marketing untuk menawarkan pakaian baru dengan branding tertentu.

Hasil gambar untuk marketing

– Pengertian Marketing : Konsep dan Fungsinya –

 

Dalam dunia marketing, orang yang membutuhkan dan menggunakan produk ataupun jasa disebut konsumen. sedang orang yang menawarkan produk atau jasa kepada konsumen dinamakan pemasar (marketer).

Marketing sangat berguna dan menjadi salah satu pilar bagi perusahaan agar mendapatkan pemasukan dengan memasarkan produk maupun jasa nya kepada konsumen. semakin banyak pemasukan profitable bagi perusahaan tentunya akan membuat perusahaan semakin berkembang, bila pemasukan perusahaan kecil maka perusahaan makin lama akan mengalami kebangkrutan.

Marketing sendiri memiliki banyak pembahasan seperti digital marketing, affiliate marketing dan masih banyak lainnya. sebelum menginjak pembahasan lain alangkah lebih baik kita belajar dasar mengenai marketing, seperti apa itu fungsi marketing dan apa itu konsep marketing.

  1. Fungsi Marketing

Fungsi Marketing – Dengan adanya marketing yang baik, perusahaan akan semakin berkembang. marketing sendiri tentunya harus ditangani oleh seorang yang profesional di bidangnya. Apa seorang pemula bisa menjadi profesional? jawabanya adalah bisa, asal ada kemauan yang keras dan banyak belajar dan banyak action.

Gambar terkait

– Pengertian Marketing : Konsep dan Fungsinya –

 

Fungsi marketing ada banyak diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini :

a. Fungsi pertukaran

merupakan subuah fungsi dari marketing dimana antara konsumen dengan marketer melakukan pertukaran antara uang dengan produk atau produk dengan produk atau uang dengan jasa. Dalam pertukaran ini produk atau jasa digunakan oleh konsumen sendiri atau di jual kembali ke orang lain.

Fungsi pertukaran  intinya memiliki kaitan erat dengan adanya tukar menukar antara uang dengan produk atau hal lainnya.

b. Fungsi Distribusi Fisik

Pada fungsi ini, adanya pendistribusian baik produk atau jasa dengan cara mengangkut dan menyimpan produk. Produk yang berasal dari produsen yang akan dikirimkan kepada konsumen melalui jalur darat, air atau udara sebelumnya produk akan diendapkan dan disimpan ke dalam gudang atau tempat penyimpanan lainnya. sehingga waktu produk dibutuhkan sewaktu-waktu maka produk sudah ada dan siap.

c. Fungsi Perantara

merupakan fungsi dari marketing dimana fungsi ini sebagai perantara antara fungsi pertukaran dan distribusi fisik. Fungsi perantara menjadi perantara konsumen melalui kegiatan marketing atau marketing dengen kegiatan pertukaran dengan distribusi fisik. fungsi marketing perantara berisi seperti, informasi produk, informasi stok, pembayaran dan lainnya.

Gambar terkait

– Pengertian Marketing : Konsep dan Fungsinya –

 

Ada peran lain marketing untuk perusahaan dilihat dari segi umum sebagai berikut.

a. Marketing berperan sebagai Sales

Pada topik ini marketing berperan sebagai penghasil keuntungan untuk perusahaan atau profitable untuk perusahaan melalui sales dengan melakukan penjualan produk atau jasa kepada konsumen tentunya.

Dalam hal ini marketing digunakan oleh sales agar dapat melaksanakan misinya untuk menjual sebuah produk atau jasa. Sales bertanggung jawab penuh dalam jalannya marketing. sehingga dibutuhkan strategi marketing yang matang agar proses marketing dapat berjalan lancar dan menghasilkan profitable unuk perusahaan.

Gambar terkait

– Pengertian Marketing : Konsep dan Fungsinya –

 

b. Marketing berperan sebagai riset dan penelitian

Dalam hal ini marketing berperan sebagai riset dan penelitian untuk meneliti harga produk dan informasi produk atau jasa sehingga konsumen bisa membandingkan harganya.

Apabila marketing digunakan oleh marketer atau pemasar maka bisa digunakan untuk mengetahui kompetitor lain sehingga dapat mengantisipasi agar produk atau jasa yang marketer (pemasar) tawarkan kepada konsumen lebih diminati.

Fungsi ini sangat berguna untuk perusahaan agar bisa menyusun strategi pemasaran yang bagus dan terkonsep sehingga dapat menekan profitable.

Hasil gambar untuk marketing

– Pengertian Marketing : Konsep dan Fungsinya –

 

c. Marketing berperan sebagai promosi

Pada bagian ini marketing berfungsi sebagai promosi perusahaan kepada konsumen. Biasanya ini berupa informasi mengenai produk atau jasa dan promo – promo terbaru mengenai produk dan jasa yang dimiliki perusahaan.

d. Marketing berperan sebagai komunikasi

Marketing berperan sebagai alat komunikator antara marketer atau pemasar kepada konsumen dengan menggunakan bahasa yang menarik dan menjual. Fungsi ini berperan penting, karena pada dasarnya marketing membutuhkan komunikasi yang baik dan terkonsep.

Gambar terkait

– Pengertian Marketing : Konsep dan Fungsinya –

 

Baca juga : 10 tren teknologi kecerdasan buatan terkini
  1. Konsep Marketing

Agar bisa menguntungkan perusahaan tentu marketing harus di konsep dahulu sebelum di jalankan. Apabila merketing sudah terkonsep maka akan lebih tepat sasaran dan tertarget. Konsep merupakan hal penting yang harus ada pada marketing sendiri.

Apa saja Konsep marketing itu?

Berikut adalah konsep – konsep dari marketing itu :

a. Memenuhi kebutuhan dan keinginan

Keinginan manusia itu pada dasarnya tidak terbatas, akan tetapi manusia harus mencukupi kebutuhan yang mendasar seperti kebutuhan primer dan sekunder.

Dari keinginan untuk memenuhi kebutuhan itulah yang menciptakan adanya marketing. Manusia butuh produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan produsen menawarkan produk maupun jasanya ke konsumen seperti manusia butuh wisata maka produsen menawarkan paket liburan.

Hasil gambar untuk liburan

– Pengertian Marketing : Konsep dan Fungsinya –

 

b. Nilai, biaya dan kepuasan

Nilai, biaya dan kepuasan ini bergantung pada pemikiran konsumen terhadap produk yang digunakan dalam memenuhi kebutuhannya. Misalnya seorang pelajar dalam memuaskan dan memenuhi kebutuhannya saat berangkat sekolah, dia memilih menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Jika pelajar tersebut memakai kendaraan umum seperti bus kekurangannya mungkin sedikit lambat tapi lebih aman, sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi seperti motor akan lebih cepat tapi kurang aman. Pada masing-masing produk tadi jika diamati akan memiliki kepuasan yang berbeda dalam memenuhi kebutuhan tergantung dari pemikiran setiap konsumen.

Hasil gambar untuk kepuasan konsumen

– Pengertian Marketing : Konsep dan Fungsinya –

 

c. Produk

Produk merupakan hal yang dapat digunakan sebagai penawaran dalam dunia marketing. produk sendiri dibagi menjadi 3 hal yaitu : barang, jasa dan gagasan. Semua produk yang dihasilkan oleh perusahaan maupun produsen untuk ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

d. Hubungan dan jaringan

Hubungan disini merupakan keterkaitan antara pihak-pihak yang terlibat misalnya seperti pelanggan, pemasok dan penyalur yang dimana tujuannya  adalah untuk mempertahankan bisnis dalam jangka panjang.

Sedangkan goal dari hubungan adalah untuk mengembangkan berbagai macam aset unik yang dimiliki oleh perusahaan yang biasanya disebut dengan jaringan pemasaran.

Jaringan pemasaran umumnya terdiri dari perusahaan lagi dan pihak-pihak yang memiliki berbagai macam kepentingan seperti misalnya konsumen, para pekerja, pemasok, penyalur dsb.

Hasil gambar untuk connection marketing'

– Pengertian Marketing : Konsep dan Fungsinya –

 

e. Pertukaran dan transaksi

Jika persyaratan telah disetujui oleh kedua belah pihak maka pertukaran akan terjadi. pertukaran tersebut ditandai dengan adanya transaksi yang terjadi antara konsumen dan pemasar atau sebaliknya.

Pertukaran mengutamakan kesepakatan antara kedua belah pihak yang saling membutuhkan satu sama lain. semakin banyak transaksi yang terjadi akan mengakibatkan dampak yang baik dalam peningkatan profit perusahaan.

f. Pasar

Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.

Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian.

Gambar terkait

– Pengertian Marketing : Konsep dan Fungsinya –

 

g. Pemasar dan Calon pembeli

Apa itu pemasar dan calon pembeli? pemasar merupakan orang yang mengusahakan dengan penawaran kepada calon pembeli yang nantinya akan terlibat dalam pertukaran nilai, sehingga calon pembeli dapat terpenuhi kebutuhannya. Lalu apa itu calon pembeli? Calon pembeli merupakan orang yang akan diidentifikasi oleh pemasar yang nantinya mungkin dapat terlibat dalam pertukaran nilai sehingga terjadi transaksi dan berkelanjutan.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk melakukan marketing harus tau dan menjalankan konsep dari marketing sehingga dapat berfungsi untuk profitable perusahaan.

Sekian artikel pada kali ini mengenai Pengertian Marketing : Konsep dan Fungsinya, semoga dapat membantu dan memberikan edukasi kepada pembaca.

 

— Salam Sehat —

Tinggalkan komentar