Media Info Kampus, Beasiswa, Tips dan Berita Pendidikan

SBMPTN 2016: Biaya Pendaftaran Naik 100% Namun Kuota Mahasiswa Ditambah

SBMPTN 2016 (Itukah.com) - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2016, merupakan jalur Masuk PTN yang paling Favorit nyatanya kuota pendaftar setiap tahunnya bertambah menurut statistik SBMPTN. Ditahun sebelumnya jalur SBMPTN, kita hanya membayar 100rb saja tetapi untuk tahun ini naik dua kali lipat dari harga sebelumnya. Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memastikan naiknya biaya pendaftaran Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri SBMPTN 2016 hingga sebesar 100 persen. Namun perguruan tinggi tersebut juga memastikan kuota mahasiswa yang akan diterima melalui jalur SBMPTN tahun ini ditambah. Terkait masalah ini mungkin ada diantara kita nggk setuju atau menerima, kita lihat saja perkembangannya nantinya.

SBMPTN 2016: Biaya Pendaftaran Naik 100% Namun Kuota Mahasiswa Ditambah

Dilansir pada solopos “Iya, kuota (jalur SBMPTN) untuk tahun ini dinaikkan menjadi sekitar 40 persen, dari tahun lalu hanya sekitar 30 persen,” jelas Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Sutarno. Beliau mengatakan naiknya biaya pendaftaran tersebut karena adanya kenaikan kebutuhan pengeluaran yang dalam penyelenggaraan SBMPTN. Selain itu juga untuk meminimalkan pendaftar yang hanya berspekulasi dalam mengikuti seleksi melalui jalur tersebut.

Jika ini benar Kuota SBMPTN ditambah tetapi jalur SNMPTN akan dikurangi, Lihat beritanya: SNMPTN 2016, akan Terancam Kuota Dikurangi

Menurut pengalaman dalam melaksanakan SBMPTN, lanjutnya, seleksi masuk perguruan tinggi (SPMB) melalui ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan. Tahun ini, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) melaksanakan ujian tertulis yang terdiri atas Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT), yang dapat diikuti siswa lulusan SMA/MA/SMK sederajat 2014, 2015, termasuk dari Program Kejar Paket C.

Sedangkan dinaikkannya jumlah kuota jalur SBMPTN, menurut Sutarno, karena berdasarkan analisa, hasil kualitas calon mahasiswa yang melalui jalur SBMPTN lebih baik dibanding yang dari SNMPTN. Ditemui terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) SMA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Unggul Sudarmo, berharap pihak UNS untuk memberikan informasi yang jelas tentang peta perguruan tinggi negeri.

Dia menilai, di kalangan siswa, orang tua masih ada persepsi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang lebih tinggi dari UNS. Namun faktanya ada anggapan untuk berkuliah di UNS sangat sulit.

Lihat Juga: Prodi atau Jurusan di UNDIP dan Akreditasinya

Menurut dia, adanya informasi peta dan bobot PTN sangat dibutuhkan agar bisa menjadi bahan pertimbangan dalam mengukur dirinya dengan program studi yang dipilih, termasuk PTN. “Jadi siswa butuh informasi itu sebagai pertimbangan,” ujar Unggul. via solopos.com
Ayo Gabung di Grup: SNMPTN dan SBMPTN [All Years]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SBMPTN 2016: Biaya Pendaftaran Naik 100% Namun Kuota Mahasiswa Ditambah"

Posting Komentar

Jika ingin yang ditanyakan jangan segan-segan untuk berikan di Form Komentar dibawah ini.