Media Info Kampus, Beasiswa, Tips dan Berita Pendidikan

HEBAT!! Mahasiswa ITS Ciptakan Robot Tank

Mahasiswa Ciptakan Robot Tank TNI tanpa Awak - Mahasiswa dari Institut Teknologi 10 November yaitu Bachtiar ini membuat sebuah Prestasi yang berhasil dia torehkan dalam Menggilai dunia militer tidak membuat Bachtiar Duma'is Laksana ingin menceburkan diri ke kerasnya pelatihan tentara di Akademi Militer (Akmil). Malahan dengan membuat Robot Tank tanpa Awak ini mampu mengasah otaknya dan menghabiskan sedikitnya 2,5 tahun terakhir untuk membuat tank perang. Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu menamakan Robot Tank buatannya, War-V1. Ini adalah prototipe tank penyapu (sweeper tank) dengan kendali jarak jauh.
Dilansir pada Okezone "Sudah 90 persen selesai. Apabila sudah siap, War-V1 akan saya bawa ke ITS. Karena dari pihak ITS sendiri katanya telah menyediakan tempat," ujar Bachtiar, seperti dilansir ITS Online, Sabtu (13/2/2016). Awalnya, War-V1 merupakan proyek pribadi yang dikembangkan perusahaannya, BDL Tech. Namun, sang dosen pembimbing akhirnya menyarankan Bachtiar memakai proyek itu sebagai tugas akhirnya.

HEBAT!! Mahasiswa ITS Ciptakan Robot Tank

Baca Juga: Beasiswa VDMS untuk Mahasiswa Indonesia D3 dan S1

Pria kelahiran Balikpapan itu merancang War-V1 agar efektif dan efisien dalam mengirimkan bantuan darat secara diam-diam tanpa membuat keributan. Berdimensi 1,65 x 1,68 x 1,95 meter, War-V1 dikendalikan remote control bersinyal radio dengan jangkauan kendali 800-900 meter. Tank ini juga dilengkapi pelempar granat dan perlengkapan tempur canggih lainnya. "Sistem kendali jarak jauh itu membantu meminimalisasi korban dalam pengiriman bantuan tersebut," tutur cowok 23 tahun itu.

Kelahiran 5 November 1992 itu berharap, pemerintah menaruh perhatian pada inovasi yang dana risetnya berasal dari kocek pribadi tersebut. Apalagi, dia sempat menarik perhatian Kodam VI/SLog Mulawarman, Balikpapan dan Batalyon Kavaleri 8/Tank-Narasinga Wiratama ketika memamerkan cetak biru War-V1. Inovasi tank penyapu ini juga sudah didaftarkan ke Kemristekdikti dengan mengatasnamakan ITS. Bachtiar berharap, jika proyeknya rampung, kucuran dana dari pemerintah akan segera menyusul.

Bacaan Menarik: Prodi atau Jurusan di UNDIP dan Akreditasinya

Dia mengaku, akan terus mengembangkan War-V1, khususnya dalam jangkauan remote control. Bachtiar berencana mengganti sinyal radio dengan wifi sehingga jangkauannya menjadi lebih luas hingga enam kilometer. "Sekaligus lebih aman karena tidak mudah diretas," imbuhnya.

"Fasilitasi saja kami. Kami akan buatkan tank yang jauh lebih hebat dari yang Anda harapkan," tegasnya. Selain menyempurnakan War-V1, Bachtiar sedang menyiapkan konsep War-V2. Tank ini akan dipersenjatai peluru karet dan gas air mata. "Fungsinya bukan untuk mengirim bantuan darat bagi TNI, namun untuk membantu tugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengatasi berbagai bentuk kerusuhan seperti ujuk rasa anarkis dan tawuran. Bila ada biayanya, Insya Allah akan segera kami realisasikan," ungkapnya. (okezone)
Ayo Gabung di Grup: SNMPTN dan SBMPTN [All Years]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HEBAT!! Mahasiswa ITS Ciptakan Robot Tank"

Poskan Komentar

Jika ingin yang ditanyakan jangan segan-segan untuk berikan di Form Komentar dibawah ini.