Media Info Kampus, Beasiswa, Tips dan Berita Pendidikan

Tips Memilih Jurusan SBMPTN dengan Strategi yang Tepat

Strategi dan Tips Memilih Jurusan di SBMPTN - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Tahun 2016 semakin dekat, jangan sampai dalam memilih Jurusan pada SBMPTN nantinya akan membuatmu Gagal lagi jadi perhitungkan dan tentukan sesuai dengan Minat dan Passion kamu miliki. Dalam pemilihan jurusan kita memang harus benar-benar memikirkan sekarang juga Jurusan apa yang mau kita ambil apakah itu pilihan pertama, kedua dan ketiga. Indikator dari ketahun-ketahun SBMPTN 2016 akan terus diperketat sehingga untuk masuk di PTN favorit juga semakin susah. Namun jangan khawatir yang kita perlukan hanyalah mengatur Strategi yang Tepat dalam Memilih Jurusan nantinya.

Tips Memilih Jurusan SBMPTN dengan Strategi yang Tepat
Tips Memilih Jurusan SBMPTN dengan Strategi yang Tepat

Sebelum membahas lebih jauh setidaknya kalian harus tahu Aturan-aturan teknis dalam pemilihan Jurusan di SBMPTN. Berikut uraiannya.
  1. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi
  2. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  3. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.
Baca Juga: 4 Kesalahan Umum Menjadi Faktor Penyebab Gagal Masuk PTN

Tips Memilih Jurusan SBMPTN

Dalam menentukan pilihan itu terdapat didalam diri kita sendiri karena pilihan ini mendasari minat yang kamu pilih bukan karena cuman ikut-ikutan saja apalagi kamu mementingkan alasan finansial dalam prospek kerjanya. Yang paling penting dibutuhkan yaitu alasan yang jelas, bukan suatu orientasi pertimbangan jangka pendek. Jika kamu memilih jurusan hanyalah gengsi semata itu akan membuatmu akan menyesal dan salah jurusan karena potensi didalam diri kita itu tidak ada pada jurusan yang kita pilih.

Menentukan Urutan Pilihan Prodi di SBMPTN

1. Pertimbangan Keketatan (tingkat persaingan) Jurusan di Suatu PTN
Untuk memperbesar peluang Lolos SBMPTN yang perlu dipikirkan hanya tingkat persaingan jurusan di beberapa PTN yang kamu kehendaki. Artinya cari informasi Daya Tampung dari peminat dari ketahun ketahun (Cek di laman resmi sbmptn.or.id) Maka dengan dengan membandingkan jumlah peminat tahun lalu, dengan jumlah kuota kursi yang dibuka untuk prodi tersebut. Berdasarkan hal itu, kamu bisa memperkirakan hal yang kurang lebih mirip juga akan terjadi ada tahun ini.

2. Pertimbangan Ketersediaan Jalur Mandiri
Ketersediaan Jalur mandiri juga bisa jadi pertimbangan, Cek apakah PTN-PTN yang menyediakan pilihan jurusan yang di minati membuka peluang seleksi lain atau tidak (Jalur Mandiri). Kalau pada beberapa pilihan PTN ada jalur mandirinya, (optional) mungkin ada baiknya, bisa lebih fokus mengejar PTN yang tidak ada pilihan UM di SBMPTN. Untuk kemudian kalian bisa lanjut memperluas peluang dengan ikut UM di PTN yang kalian kehendaki.

3. Jangan Asal Memilih Jurusan di Pilihan 2 dan 3
Penilaian SBMPTN dilakukan secara terpusat tidak berdasarkan penilaian masing-masing PTN seperti SNMPTN. Pengaruhnya gimana kalau sistem penilaian terpusat atau berdasarkan masing-masing PTN? Kalo berdasarkan masing-masing PTN, maka kemungkinan besar peserta yang memilih jurusan Pilihan 1 akan lebih diprioritaskan untuk diterima seperti seleksi SNMPTN 2015 kemarin.

Baca Juga: Ini Dia Jurusan Terfavorit pada SBMPTN 2015

Akan tetapi, untuk sistem seleksi SBMPTN yang dilakukan secara terpusat, kemungkinan sistem seleksinya akan berbeda. Dalam hal ini, memang tidak pernah ada keterangan sumber resmi tentang sistem penilaian SBMPTN, tapi menurut dugaan gue sih, peluang diterima di Pilihan II ataupun Pilihan III bisa jadi sama besarnya dengan pilihan I. Dalam arti, kompetisi dalam SBMPTN ini kemungkinan tidak akan melihat urutan pilihan 1,2,3 tapi betul-betul murni melihat jumlah score hasil SBMPTN kamu. Hal ini bisa diketahui dari cukup banyaknya peserta yang diterima di Pilihan II ataupun Pilihan III di SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.

Jadi sekali lagi, fokuskan pada nilai score SBMPTN setinggi-tingginya, lalu pilihlah opsi jurusan prodi yang memang bener-bener di minati. Jangan sampai pada akhirnya, kamu memilih jurusan 2 dan 3 asal supaya tidaknya bisa kuliah. Tapi begitu pengumuman di diterima pilihan ketiga, jadinya galau lagi apakah mau diambil atau tidak. Yakinkan diri kamu, walaupun kamu diterima pada pilihan 2 atau 3, kamu tidak akan menyesal dan  bakal tetap ambil dan jalanin keputusan itu dengan penuh tanggung jawab. [zenius]
Ayo Gabung di Grup: SNMPTN dan SBMPTN [All Years]

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tips Memilih Jurusan SBMPTN dengan Strategi yang Tepat"

  1. KISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS
    BERKAT BANTUAN BPK DRS HERU PURWAKA MM DI BKN PUSAT NO HP BELIAU 0853-4777-0574

    ALHAMDULILLAH TERNYATA ALLAH MASIH MELINDUNGI SAYA DARI KEJAHATAN, TERNYATA POSTINGAN YANG MENGAKU BPK WARLI DAN AIDU TAUHID ITU HANYA SEORANG OKNUM PENIPUAN YANG MEMINTA SEJUMLAH DANA HATI HATI TEMAN TEMAN,
    ALHAMDULILLAH HANYA YANG BISA DI PERCAYA bpk heru purwaka beliau selaku kepala biro umum di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS NO HP BPK HERU 0853-4777-0574

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs heru purwaka yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala biro umum yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk DRS HERU PURWAKA selalu aktif 0853-4777-0574 siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.

    BalasHapus
  2. Baru dari selltiket.com,
    untuk semua agen selain anda bisa menjual tiket pesawat
    dan tiket kereta api sekarang anda
    juga dapat melakukan pembayaran :
    PLN, Pembelian pulsa, Pembayaran Telkom,
    pembayaran multifinance ADIRA, BAF, MAF, MEGA WOM.
    Gabung sekarang juga di http://agen.selltiket.com

    BalasHapus

Jika ingin yang ditanyakan jangan segan-segan untuk berikan di Form Komentar dibawah ini.