Media Info Kampus, Beasiswa, Tips dan Berita Pendidikan

SNMPTN 2016, akan Terancam Kuota Dikurangi

Di Tahun 2016, Kuota SNMPTN Terancam Dikurangi - Lagi-lagi dikabarkan bahwa Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) oleh Muhammad Nasir akan mengkaji dan mengungkapkan penerimaan mahasiswa dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). KemenRistek Dikti ini menilai bahwa SNMPTN saat ini kurang berkualitas dibandingkan dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

SNMPTN 2016, akan Terancam Kuota Dikurangi
SNMPTN 2016, akan Terancam Kuota Dikurangi - Source: Liputan6

Baca Juga: Ini Dia Penyebab Peserta Tidak Lulus SBMPTN

“Saya melihat laporan sementara, SBMPTN dilihat dari prestasi akademik (mahasiswa) lebih baik dari SNMPTN, ini yang harus kami kaji, apakah karena pengukuran SNMPTN tidak jelas atau bagaimana,” ucap Nasir di Kemenristek Dikti, Jakarta, Senin (12/10).

Lebih lanjut Muhammad Nasir mengatakan hasil evaluasi proses SNMPTN akan menentukan alokasi penerimaan mahasiswa pada jalur tersebut, besar kemungkinan tidak lagi 50 persen dari total jumlah mahasiswa baru yang harus diterima oleh perguruan tinggi negeri setiap tahunnya.

Terkait evaluasi, katanya lagi, ada pertimbangan lainnya, kemungkinan alokasi penerimaan mahasiswa pada jalur SNMPTN akan disamakan atau bahkan lebih sedikit dari SBMPTN yang hanya sebesar 30 persen dari total jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahun. “Jumlahnya berapa persen akan dipertimbangkan, apakah nanti 40:40 atau 60:20 masih akan dikaji,” tandasnya.
via jawapos.com
Ayo Gabung di Grup: SNMPTN dan SBMPTN [All Years]

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "SNMPTN 2016, akan Terancam Kuota Dikurangi"

  1. Dikti harus melihat pula, ada anak2 bangsa yang miskin, belajar di sekolah kampung, tak sanggup untuk membayar bimbel, pulang sekolah harus membantu ortu mencari nafkah. Apakah kesempatan mereka untuk masuk ke perguruan tinggi harus terhambat hanya karena indikator lulus berdasarkan kognitif saja?? Sebetulnya pemerintah di periode kemarin sudah bersikap cukup adil untuk memberi kesempatan anak2 kurang beruntung dapat lulus di PTN dg menetapkan quota 50% untuk SNMPTN. Jika mau, tingkatkan mutu sekolah2 terlebih dahulu agar sesuai standar

    BalasHapus

Jika ingin yang ditanyakan jangan segan-segan untuk berikan di Form Komentar dibawah ini.