Media Info Kampus, Beasiswa, Tips dan Berita Pendidikan

Mahasiswa UNHAS Rakit 2 Mobil Hemat Energi, Siap Berlaga di Unibraw

Unhas Melaunching Mobil Hemat Energi - Akhirnya kita ikut Berbangga karena hadirnya dua Mobil Hemat Energi hasil rakitan Mahasiswa UNHAS dan Tim Anging Mamiri Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin kedua mobil tersebut dinamakan East Green Car for Indonesia Feature (Egrecif) Etanol dan Elektrik dan Rencananya, dua mobil hemat energi yang berbahan bakar etanol dan kekuatan listrik akan diikutkan berlaga dalam kompetisi mobil hemat energi antar mahasiswa se-Indonesia, 21-25 Oktober mendatang di Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang. Mereka akan berkompetisi bersama 61 tim lainnya se-Indonesia.

Mahasiswa UNHAS Rakit 2 Mobil Hemat Energi, Siap Berlaga di Unibraw
Mahasiswa UNHAS Rakit 2 Mobil Hemat Energi, Siap Berlaga di Unibraw - Doc. Unhas

Dilansir pada (Okezone.com) Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan, karya itu bukti bahwa mahasiswa Unhas tidak lagi pegang batu, tetapi pegang alat-alat dalam laboratorium. Demikian Rektor memuji mahasiswanya dari jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro dalam satu Tim Anging Mammiri saat launching mobil hemat energi di pelataran rektorat Universitas Hasanuddin, baru-baru ini.

Ada dua mobil yang dipersiapkan tujuh mahasiswa Teknik dalam tim ini untuk lomba mendatang. Mobil merah berbahan bakar etanol dan mobil hitam menggunakan tenaga listrik. Kompetisi mobil hemat energi tersebut memperlombakan empat jenis bahan bakar yakni etanol, listrik, premium dan diesel.

Manajer Tim Agrecif Etanol, Cesar Suwanto mengatakan, mobil Egrecif Etanol merupakan mobil dengan sumber energi dari etanol murni 96%. Mobil rakitanya tersebut dapat mencapai jarak 100 km/l etanol. Sedangkan Egrecif Elektrik 70 km/kwh. “Kelebihannya, dari segi aerodinamisnya, dalam artian dia bisa menahan udara supaya tidak menahan laju mobil dari desain bentuknya,” ujarnya.

Disebutkan, spesifikasi dua mobil yang akan ikuti dilombakan itu masing-masing sepanjang 250 cm, lebar dan tinggi masing-masing 120 cm serta bobot 150 kg. Mobil berbahan bakar etanol mampu menempuh 100 km dari 1 liter etanol. Saat pengujian, etanol dibeli di toko-toko kimia seharga Rp35 ribu per liter. Adapun mobil berkekuatan tenaga listrik, kemampuannya 70 km per kwh. Kedua mobil hemat energi nan imut ini diberi nama Egrecif (East Green Car for Indonesia Future).

"Kami mempersiapkan mobil hemat ini sejak April diawali dengan pembentukan tim kemudian mulai pengerjaan sejak Juni lalu. Jadi totalnya waktu yang dihabiskan sekira enam bulan, sebelum berangkat ke akhir Oktober nanti," kata Cesar seraya mengakui, salah satu kekurangan karya mereka ini adalah bahan luarnya terbuat dari fiber glass. Sehingga untuk menyulapnya menjadi lebih baik dibutuhkan support lebih maksimal dari semua pihak.

Adapun Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan, senantiasa mendukung mahasiswa yang berprestasi dalam bidang nalar maupun bidang keilmiahan. "Berapa pun mereka minta, kami akan beri. Kali ini, untuk mobil hemat energi tersebut meminta dana sedikit. Hanya Rp 250 juta," ujar Dwia membanggakan mahasiswanya.
via okezone, tribuntimur
Ayo Gabung di Grup: SNMPTN dan SBMPTN [All Years]

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Mahasiswa UNHAS Rakit 2 Mobil Hemat Energi, Siap Berlaga di Unibraw"

  1. Wah keren
    Maju terus indonesia

    BalasHapus
  2. wuihh keren gan ..
    semoga indonesia terus maju ..

    BalasHapus
  3. Desain mobilnya unik ya gan,mmirip mobil google

    BalasHapus
  4. Semoga dikembangkan dengan baik Dan buat pemerintah jangan abaikan yang kayak gini.

    BalasHapus
  5. Semoga dikembangkan dengan baik Dan buat pemerintah jangan abaikan yang kayak gini.

    BalasHapus

Jika ingin yang ditanyakan jangan segan-segan untuk berikan di Form Komentar dibawah ini.