Media Info Kampus, Beasiswa, Tips dan Berita Pendidikan

Lulusan Kampus Nonaktif terancam Tidak Bisa Melamar CPNS

Itukah.com - Kampus Nonaktif menjadi kerap Perhatian saat ini, bagaimana tidak dampak yang dialami Lulusan Perguruan Tinggi Nonaktif terancam tidak bisa mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) nantinya dan Pemerintah juga menegaskan bahwa kesalahan-kesalahan harus cepat diurus setiap Kampus (PT). Apalagi jika Status nonaktif, bisa saja akan dicabut jika sudah memperbaiki pelanggaran yang dilakukan.

Lulusan Kampus Nonaktif terancam Tidak Bisa Melamar CPNS
Lulusan Kampus Nonaktif terancam Tidak Bisa Melamar CPNS - Source Image sjmagazine

Seperti yang dilansir pada (Okezone.com) Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset Teknologi dan Kemenristek Dikti Patdono Suwignjo mengatakan, ratusan kampus yang dinyatakan nonaktif itu salah satunya karena membuka kelas di luar kampus utama yang tidak berizin. Ijazah dari kampus ini, ujarnya, tidak akan sah untuk melamar sebagai CPNS. karena "Kalau digunakan untuk melamar CPNS tidak akan bisa karena Badan Kepegawaian Negara tidak akan mengakuinya," ujar di Kemristekdikti.

Baca Juga:
Patdono menjelaskan, bagi kampus yang membuka kelas jauh dapat diungkap dengan mudah karena ada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) yang merekam semua data kelas dan program studi semua kampus. Sama halnya dengan pegawai negeri yang ingin mengajukan kenaikan pangkat pun tidak bisa diurus jika dia mengikuti kelas jauh. Menurut dia, data PDPT adalah milik masyarakat yang bisa diakses di forlap.dikti.go.id.

Patdono menerangkan, bagi perguruan tinggi yang nonaktif bukan berarti izinnya sudah dicabut. Melainkan mereka tidak bisa mendapat layanan dari Kemenristek Dikti yang tentunya akan merugikan pengelola dan mahasiswanya. Misalnya, usulan akreditasinya ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sudah tidak bisa lagi. Lalu pengajuan penambahan program studi juga tidak dilayani. Begitu pula pengajuan sertifikasi dosen dan hibah serta beasiswa bagi mahasiswa.

Status nonaktif itu bisa terjadi jika kampus selama empat semester tidak melakukan pelaporan di PDPT. Banyak kampus yang mengaku tidak melapor karena tidak punya staf khusus yang mengunggah data di PDPT atau tidak punya sistem komputerisasi yang menunjang. Namun, ada pula yang sengaja tidak melapor karena ingin mewisuda sebanyak mungkin mahasiswa yang tidak didaftarkan di PDPT. Lalu banyak juga kampus yang melanggar karena melaksanakan pendidikan di luar kampus.

"Ini banyak sekali dan tidak hanya terjadi di kampus swasta namun juga ada di negeri. Bagi PTN yang melakukan pelanggaran akan kami sanksi lebih berat dari PTS," ungkapnya.
via okezone
Ayo Gabung di Grup: SNMPTN dan SBMPTN [All Years]

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Lulusan Kampus Nonaktif terancam Tidak Bisa Melamar CPNS"

  1. wah kasian ya ngga bisa ngelamar jadi cpns. kan sia2 kuliahnya

    BalasHapus
  2. baru tau klo ada kampus nonaktif.. kasian donk mahasiswa yg ingin daftar jadi PNS

    BalasHapus
  3. wah, kok jadi diskriminatf gini sih?

    BalasHapus
  4. ngeri yak, mending jadi mahasiswa luar biasa predikat cumlaude ketimbang mahasiswa KW hahaha

    BalasHapus
  5. makin susah aja ya cari kerja ,,

    BalasHapus
  6. Kasihan ya gan,saya ikut prihatin dengan indonesia raya,

    BalasHapus
  7. Bahaya juga nih, kalau sudah susah2 kuliah gak diakui. Mungkin ada kaitannya dengan kampus2 yang kasih ijazah bodong.

    BalasHapus
  8. kabar buruk nih buat lulusan kampus yang sudah non-aktif :(

    BalasHapus
  9. Waduh kasian juga memang kalo belum sempat bekerja bagi lulusan baru, beda dgn senior mereka yang sudah mendapatkan jabatannya jadi tidak perlu khawatir lagi

    BalasHapus
  10. kasan juga yah yang udh masuk universitas non-aktif, makin sempit buat mencari lapangan pekerjaan

    BalasHapus

Jika ingin yang ditanyakan jangan segan-segan untuk berikan di Form Komentar dibawah ini.