Media Info Kampus, Beasiswa, Tips dan Berita Pendidikan

Ini Dia Penyebab Kampus Bisa Nonaktif

Penyebab-penyebab Kampus di Nonaktifkan - Hingga 6 Oktober data pada PDPT bahwa Perguruan Tinggi yang dibekuk sudah 238 Kampus di Nonaktifkan. Mungkin seterusnya bertambah atau berkurang sehingga data kampus nonaktif terus berubah. Nah, maka dari itu kampus yang menjadi status Nonaktif itu bisa saja mereka melakukan pelanggaran dalam pengelolaannya. Jenis pelanggaran ini ada yang ringan, hingga masuk kategori berat.

Ini Dia Penyebab Kampus Bisa Nonaktif
Ini Dia Penyebab Kampus Bisa Nonaktif - Source Image Okezone, ilustrasi Shuttershock
Baca Juga: Inilah Daftar 239 Perguruan Tinggi yang Dinonaktifkan Kemenristek Dikti

Seperti dilansir pada (Okezone.com) Bahwa Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Kemenristekdikti, Ali Ghufron Mukti mengungkapkan, terdapat beberapa alasan yang menyebabkan kampus menjadi nonaktif, seperti izin yang bermasalah atau masih dalam proses, rasio dosen tetap dan mahasiswa tidak memenuhi syarat, dan tidak rutin memberikan laporan. Angka 243 kampus nonaktif itu berdasarkan data pengamat yang dimasukkan ke salah satu kopertis.

Sehingga, bukan resmi dari Kemenristekdikti. Sedangkan kampus-kampus tersebut bisa diberi kesempatan aktif kembali setelah memenuhi persyaratan yang diminta," ujarnya di Kemenristekdikti, belum lama ini. Jika persyaratan sudah dipenuhi, lanjut Ghufron, tidak memerlukan waktu yang lama, bahkan bisa dalam hitungan minggu. Dia menambahkan, yang dinonaktifkan adalah data pangkalannya saja, sehingga mahasiswa bisa beraktivitas seperti biasa.

Sementara terkait masalah dosen, Kemenristekdikti tengah melakukan berbagai terobosan guna mencari solusi bagi kampus-kampus yang kekurangan dosen. Salah satunya, yakni dengan adanya Permenristekdikti Nomor 26 Tahun 2015 Tentang Registrasi Pendidik Pada Perguruan Tinggi. "Permenristekdikti itu mengakui dosen dengan NIDK (Nomor Induk Dosen Khusus). Perguruan tinggi yang nonaktif karena masalah dosen bisa segera mendaftarkan ke kementerian supaya punya nomor induk sehingga bisa dihitung sebagai nisbah rasio untuk dosen dan mahasiswa," paparnya.

Meski demikian, Ghufron menegaskan untuk mendapatkan NIDK tetap ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi menyangkut kualifikasi pendidik. Di antaranya, yakni mengajar minimum satu semester dalam setahun dan memegang mata kuliah tertentu. Sehingga Tentu ada verifikasinya. Dia harus masuk dalam kualifikasi pendidik, juga dosen," ungkapnya.
via okezone
Ayo Gabung di Grup: SNMPTN dan SBMPTN [All Years]

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Ini Dia Penyebab Kampus Bisa Nonaktif"

  1. baru tau nih, thanks infonya gan :D

    BalasHapus
  2. terus kalo udah nggak aktif, cara supaya aktif kembali gimana gan?

    BalasHapus
  3. apakah kampus yang di nonaktifkan kampus abal" ?

    BalasHapus
  4. jadi jangan asal milih kampus :)

    BalasHapus
  5. memang riskan sekali ,.. dikala zaman skrg lg butuh"nya kuliah , malah dikecewain kampusnya,,.. ckckck

    BalasHapus
  6. di berita juga ada kampus abal-abal wisuda tapi jrg ada kegiatan belajar. parah yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu, penyebabnya Kampus Abal-abal yg sdh dibekuk

      Hapus
  7. yang sudah wisuda dari kampus yang di tutup mungkin bahagia gan :v .... nda harus bingung kaya yang lagi kuliah

    BalasHapus

Jika ingin yang ditanyakan jangan segan-segan untuk berikan di Form Komentar dibawah ini.