Media Info Kampus, Beasiswa, Tips dan Berita Pendidikan

Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin Makassar 2016

Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin Makassar atau PMB UIN 2016 - UIN merupakan Perguruan Tinggi Islam Negeri yang berada di Makassar. Penamaan UIN di Makassar dengan Alauddin diambil dari nama raja Kesultanan Gowa yang pertama memeluk Islam dan menerima agama Islam sebagai agama kerajaan. Kampus ini juga cukup populer dikalangan saat ini yang memnugkinkan mereka masuk melalui Jalur SNMPTN dan SBMPTN serta juga bisa melalui jalur Mandiri tentunya.

Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin Makassar 2016
Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin Makassar 2016
Berikut Sejarah UIN ALAUDDIN MAKASSAR yang dilansir di wikipedia:

Pada mulanya IAIN Alauddin Makassar yang kini menjadin UIN Alauddin Makassar berstatus Fakultas Cabang dari IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, atas desakan Rakyat dan Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan serta atas persetujuan Rektor IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Menteri Agama Republik Indonesia mengeluarkan Keputusan Nomor 75 tanggal 17 Oktober 1962 tentang penegerian Fakultas Syari'ah UMI menjadi Fakultas Syari'ah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Cabang Makassar pada tanggal 10 Nopember 1962. Kemudian menyusul penegerian Fakultas Tarbiyah UMI menjadi Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Cabang Makassar pada tanggal 11 Nopember 1964 dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 91 tanggal 7 Nopember 1964. Kemudian Menyusul pendirian Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta cabang Makassar tanggal 28 Oktober 1965 dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 77 tanggal 28 Oktober 1965.

Penamaan IAIN di Makassar dengan Alauddin diambil dari nama raja Kerajaan Gowa yang pertama memuluk Islam dan memiliki latar belakang sejarah pengembangan Islam pada masa silam, di samping mengandung harapan peningkatan kejayaan Islam pada masa mendatang di Sulawesi Selatan pada khususnya dan Indonesia bahagian Timur pada umumnya. Ide pemberian nama “ Alauddin ” kepada IAIN yang berpusat di Makassar tersebut, mula pertama dicetuskan oleh para pendiri IAIN “ Alauddin” , di antaranya adalah Andi Pangeran Daeng Rani, (cucu/turunan) Sultan Alauddin, yang juga mantan Gubernur Sulawesi Selatan, dan Ahmad Makkarausu Amansyah Daeng Ilau, ahli sejarah Makassar.

Pada Fase itu, IAIN (kini UIN) Alauddin yang semula hanya memiliki tiga (3) buah Fakultas, berkembang menjadi lima (5) buah Fakultas ditandai dengan berdirinya Fakuktas Adab berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI No. 148 Tahun 1967 Tanggal 23 Nopember 1967, disusul Fakultas Dakwah dengan Keputusan Menteri Agama RI No.253 Tahun 1971 dimana Fakultas ini berkedudukan di Bulukumba ( 153 km arah selatan kota Makassar), yang selanjutnya dengan Keputusan Presiden RI No.9 Tahun 1987 Fakultas Dakwah dialihkan ke Makassar, kemudian disusul pendirian Program Pascasarjana (PPs) dengan Keputusan Dirjen Binbaga Islam Dep. Agama No. 31/E/1990 tanggal 7 Juni 1990 berstatus kelas jauh dari PPs IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang kemudian dengan Keputusan Menteri Agama RI No. 403 Tahun 1993 PPs IAIN Alauddin Makassar menjadi PPs yang mandiri.

Untuk merespon tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan perubahan mendasar atas lahirnya Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.2 tahun 1989 di mana jenjang pendidikan pada Departemen Pendidikan Nasional R.I dan Departemen Agama R.I, telah disamakan kedudukannya khususnya jenjang pendidikan menegah, serta untuk menampung lulusan jenjang pendidikan menengah di bawah naungan Departemen Pendidikan Nasional R.I dan Departemen Agama R.I, diperlukan perubahan status Kelembagaan dari Institut menjadi Universitas, maka atas prakarsa pimpinan IAIN Alauddin periode 2002-2006 dan atas dukungan civitas Akademika dan Senat IAIN Alauddin serta Gubernur Sulawesi Selatan, maka diusulkanlah konversi IAIN Alauddin Makassar menjadi UIN Alauddin Makassar kepada Presiden R.I melalui Menteri Agama R.I dan Menteri Pnedidikan Nasional R.I. Mulai 10 Oktober 2005 Status Kelembagaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin Makassar berubah menjadi (UIN) Universitas Islam Negeri Alauddinn Alauddin Makassar berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia No 57 tahun 2005 tanggal 10 Oktober 2005 yang ditandai dengan peresmian penandatanganan prasasti oleh Presiden RI Bapak DR H Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 4 Desember 2005 di Makassar.

Nah, Begitu Sejarah Tentang UIN Alauddin Makasswar yang dijelaskan pada wikipedia.org. Bagaimana Tertarik untuk melanjutkan ke Kampus UIN Alauddin Makassar 2016, Inilah beberapa Jalur Masuk yang dapat ditempuh untuk menjadi Rumpung keluarga UIN Alauddin Makassar. 
Baca Juga: Penerimaan Mahasiswa Baru UNM 2016

1. UIN Alauddin Makassar 2016
SNMPTN merupakan SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI yang dilakukan tanpa tes tertulis  dan tanpa pungutan biaya. Pemerintah menanggung semua biaya pendaftaran dan calon mahasiswa hanya tinggal mengkikuti prosedur yang ditentukan. Namun, tidak semudah itu untuk lolos seleksi SNMPTN. Meskipun tanpa tes, sistem ini memakai sistem kuota. Hanya siswa berprestasi dan pandai mencari peluang jurusan yang dapat lolos. SNMPTN ini mirip dengan sistem jalur undangan. Pendaftaran SNMPTN dapat dilakukan di situs resmi SNMPTN, yaitu www.snmptn.ac.id.

2. SBMPTN UIN Alauddin Makassar 2016
SBMPTN adalah kebalikan dari SNMPTN. Jika SNMPTN tidak menggunakan tes tertulis, maka SBMPTN menggunakan penilaian dari hasil tes tertulis. SBMPTN diadakan secara serentak di seluruh Indonesia. Tantangan di jalur ini bisa dibilang lebih memacu adrenalin dan kepercayaan dirimu. Alasannya karena jalur ini bukan hanya menuntut jawaban yang tepat tetapi juga ketelitian menjawab soal. Jika salah, maka sistem minus akan berlaku. Baya pendaftaran yang harus dibayar ditanggung oleh peserta, kecuali jika terdaftar sebagai pelamar bidik misi. Proses pendaftarn SBMPTN dapat dicek di www.sbmptn.or.id

3. Mandiri UIN Alauddin Makassar 2016
Nah, Jalur yang ketiga yaitu Jalur Mandiri yang merupakan seleksi khusus diselenggarakan oleh pihak UIN untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang gagal di jalur masuk sebelumnya. Seleksi menggunakan tes tertulis. Cakupan tes ini hanya meliputi satu univesitas saja. Namun tetap saja tidak boleh lengah. Persiapan yang matang harus dilakukan agar dapat lolos jalur ini. Sistem kuota masih berlaku sehingga kamu harus bersaing untuk bisa masuk ke jumlah kuota yang ditentukan. Untuk pendaftaran dan informasi lainnya dapat diakses melalui PMB UIN Alauddin Makassar di situs resmi UIN Alauddin Makassar.

Untuk informasi selengkapnya, tentang PMB UIN Alauddin Makassar silahkan kunjungi di Situs Resmi UIN Alauddin Makassar uin-alauddin.ac.id.
Ayo Gabung di Grup: SNMPTN dan SBMPTN [All Years]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin Makassar 2016"

Poskan Komentar

Jika ingin yang ditanyakan jangan segan-segan untuk berikan di Form Komentar dibawah ini.