Media Info Kampus, Beasiswa, Tips dan Berita Pendidikan

7 Panduan & Tips Menulis CV untuk Mahasiswa

7 Panduan & Tips Menulis CV untuk Mahasiswa - CV atau curriculum vitae merupakan hal yang penting harus kita ketahui untuk sekarang selaku Mahasiswa, yang mana CV ini untuk melamar sebuah pekerjaan disuatu Perusahaan. Kan sebagai Mahasiswa itu bukan hanya fokus belajar atau meraih nilai-nilai bagus. Mahasiswa juga harus aktif dalam berbagai kegiatan ataupun mencari pengalaman serta meningkatkan berbagai macam keterampilan.

7 Panduan & Tips Menulis CV untuk Mahasiswa
7 Panduan & Tips Menulis CV untuk Mahasiswa - Freepik

Salah satu membuat CV dari sekarang supaya nantinya kamu sudah siap untuk melamar kerja. Sehinga petugas HRD pun bisa melirik CV kamu, Nah mulai sekarang Persiapkan diri untuk menulis CV yang cemerlang. Berikut beberapa Panduan & Tipsnya, Yuk Simak

1. Memulai sesuatu
Beberapa hal yang ingin dilihat para petugas rekrutmen adalah inisiatif, kepemimpinan dan passion. Jadi, mulailah sesuatu di kampus, misalnya unit kegiatan mahasiswa (UKM) dengan fokus yang belum pernah ada sebelumnya. Bisa juga memulai publikasi atau tren di media sosial.
Aksi ini membuktikan bahwa kamu adalah kandidat yang bersemangat dan mampu mengubah lingkungan menjadi lebih baik. Di sisi lain, berbagai kegiatan sesuai passion menunjukkan bahwa kamu memiliki dedikasi dalam bidang yang ingin kamu tekuni. Dan faktor ini juga dicari perusahaan.

2. Belajar keahlian/keterampilan baru
Soft skills juga turut menentukan kualitas seorang calon pekerja. Banyak keahlian yang bisa kamu pelajari selama di kampus, misalnya berbahasa asing selain Inggris, penguasaan software spesifik di bidang studimu, desain, pemasaran, dan sebagainya. Cari tahu, keterampilan apa yang dibutuhkan saat akan memulai karier, kemudian kuasai skill tersebut.

3. Kerja paruh waktu
Tapi bukan sekadar menjadi pekerja paruh waktu. Manfaatkan kegiatan ini sebagai peluang pengembangan diri. Misalnya, setelah memiliki pengalaman sebagai staf, kamu bisa meminta tanggung jawab lebih agar bisa mengembangkan kemampuan manajemen dan memimpin. Peningkatan ini, meski hanya di pekerjaan paruh waktu, akan membuktikan kualitas dan loyalitasmu sebagai pekerja.

4. Sukarelawan
Bangun pengalaman menjadi sukarelawan di bidang yang menjadi passion-mu. Cobalah berpikir kreatif tentang bagaimana kemampuanmu dapat dipakai untuk membantu orang lain. Siapa tahu, pekerjaan sebagai sukarelawan memberimu peluang menjalani bidang karier baru.

5. Magang
Kesempatan magang memberimu peluang belajar mengenal dunia kerja dan memahami skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjalaninya. Jika hasil pekerjaanmu memuaskan, bisa jadi kamu diajak bergabung secara resmi di perusahaan tersebut.

6. Freelance
Punya skill di bidang tertentu? Jangan ragu bekerja sebagai freelance. Sambil mengasah keterampilan, kamu juga bisa nambah uang jajan, kan?
Di sisi lain, bekerja sambil kuliah juga memberi mahasiswa kesempatan untuk mempelajari berbagai standar yang dipakai industri. Jadi, ketika tiba saatnya bekerja, sarjana baru pun enggak kaget lagi.

7. Naikkan IPK
Belajar lebih giat dan naikkan nilai IPK. Sebab, banyak perusahaan memakai nilai IPK sebagai salah satu kualifikasi wajib dalam lowongan kerja mereka. [okezone]
Ayo Gabung di Grup: SNMPTN dan SBMPTN [All Years]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Panduan & Tips Menulis CV untuk Mahasiswa"

Posting Komentar

Jika ingin yang ditanyakan jangan segan-segan untuk berikan di Form Komentar dibawah ini.